LOCAFORE Jazz Festival, Kota Baru Parahyangan

Tanggal 3 & 4 September lalu, Locafore hadir lagi di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Tahun ini adalah tahun ke-6 untuk acara Locafore.

Acara Jazz ini beda dengan acara Jazz yang lain karena Locafore menggabungkan Design dan Art juga. Jadi, selain banyak musisi Jazz yang tampil, ada juga 50 lebih local brand yang berpartisipasi untuk memeriahkan acara ini. Musisi Jazz-nya antara lain, Ermy Kulit, Tjut Nyak Deviana Daudsyah, Rio Moreno, Margie Segers, Eddy Sakroni, dan Salamander Big band. Local brand yang berpartisipasi juga dikurasi sebelumnya, antara lain, Giffa, Lthrkrft, Koola Stufa, Matoa, Gammara Leather, dll.

Acara ini terbilang cukup sukses, karena event yang berlangsung di Padalarang tidak membuat orang-orang malas untuk melangkahkan kakinya kesana. Acaranya dikunjungi sekitar 6000 orang perhari. Yang datang juga bervariatif dari mulai anak kecil sampai kakek-nenek penikmat jazz. Acara berlangsung santai dan pengunjung juga bisa menikmati para musisi Jazz yang sedang tampil dengan tidak berdesak-desakan seperti festival musik lainnya. Pada waktu siang dan sore hari tidak terlalu ramai kita bisa membawa alas tikar untuk duduk di rumput dan makanan kecil untuk di nikmati sambil menonton jazz dan anak-anak masih bisa berlari-lari di sekitar kita. Kalau malam lebih padat dan duduknya juga sudah merapat bintang tamu yang favorit rata-rata ada pada malam hari.

Untuk Localbrand festival juga menarik untuk dilihat satu persatu karena produk yang ditawarkan memiliki keunikan sendiri, mungkin karena Locafore ini mengusung tema Art jadi panitia lebih selektif dalam memilih local brand yang berpartisipasi. Paling menarik bagi saya mengitari stand makanan haha. Ada lebih dari 20 stand makanan, dan semuanya terlihat enak. Memang kalo urusan perut selalu yang pertama.

Nb : Kebetulan saya mengisi stand di acara ini, karena saya tinggal di Jakarta jadi saya harus sewa penginapan disana. Di Padalarang ada hotel Mason Pine, tapi ga mungkin kan saya menginap disana yang rate-nya semalam sekitar satu juta keatas dan harus sewa minimal 2 kamar karena saya berempat, harus jualan berapa baru bisa nutup hahaha.

Jadi saya cek Airbnb dan... ternyata ada rumah 3 kamar yang disewakan dengan harga yang sangaat murah. Hanya 500rb saja sodara sodaraa. Sampai disana rumahnya persis seperti di foto. Pagi harinya kita sama sekali ga mengharapkan ada sarapan, jadi kita udah bawa sarapan sendiri, tetapi ternyata semua udah disediakan di dapur, ada Roti, Selai, Kopi, Teh, Coklat, Telur bahkan Cireng. Bahkan jam 8 ibu Elly datang bawa nasi goreng dan kerupuk kampung yang enak banget. Kita bisa pake semua fasilitas yang ada disana. Kebetulan saya bawa anak saya, Aydan, dia senang  banget bolak balik kasih makan ikan koi. Dan ada banyak buku dan komik juga, Aydan suka baca buku animal yang ada disana. Jadi, buat yang mau traveling atau ada keperluan di sekitar Padalarang saya sangat merekomendasikan menginap disana atau kalau mau pergi ke Bandung dan ga keberatan menginap agak jauh. Silahkan langsung cek ke Airbnb https://www.airbnb.co.id/rooms/8967189?sug=50