Japan Trip Part 2

saya liat ini di perjalanan gatau apaan tapi haha

Hallo readers!
Hahaha berasa kaya redaksi majalah bobo ya ngomong kaya gitu. Jadi, weekend kemarin tetehngeteh mengadakan mini bazaar di ITB dalam rangka 1 dekade ITB 2006. Untuk yang belum tau, teteh-teteh kesayangan ini merupakan alumni ITB 2006, makanya kita mau ikutan memeriahkan acara reuni kemarin dengan bagi – bagi lemongrass iced tea untuk followers tetehngeteh. Untuk yang belum follow, shame on you! Ayo dong follow IG @tetehngeteh atau subscribe di blog kami yang isinya celotehan random dari pada sibuk terus dengan motivator vs anak dan #kaleyansmuasuchiakupenuhdousah (eyes on u teteh ita, eyes on u!)

Nah saya sekarang mau melanjutkan posting saya tentang Japan yang lama tertunda. Sorry yaa saya baru update sekarang hehe. Jadi kemarin cerita kita sampai pada saya tiba di Shin-Hakodate-Hokuto kan yaa. Malam di Hakodate, saya dan yang lainnya berencana cari makan malam sekitar hotel kan ya, tiba2 kami random liat brosur ada tourist spot untuk naik cablecar ke puncak gunung dan lihat pemandangan kota Hakodate di malam hari yang penuh lampu dan kita bisa lihat laut yang menghimpit ujung pulau Hokkaido ini. Nah karena super random, kebodohan saya berlanjut nih karena saya ga persiapan baju cuma kemeja tipis dengan daleman tanktop nih naik ke atas gunung. Pemandangannya sih bagus bgt, saya super ga nyesel. TAPI dinginnya itu looohhh namanya juga atas gunung yakaann?. Setelah buru2 ambil foto saya langsung ngumpet disamping tangga supaya ga kena angin kenceng dan berdiri dengan muka kasian diliatin orang Jepang mungkin disangka anak ilang. Oiya, karena saya datang bulan agustus, yang liburan di Hokkaido mostly orang Jepang juga jadi saya jarang ketemu turis WNA selama di Hokkaido.
pemandangan dari Hakodate-yama image from here
Berhubung turun dari Mt. Hakodate udah malem juga, restoran udah tutup dong yaa. Jadilah kami jadi anak sevel aka beli makan di convenient store aja. Tapi gak disangka, makanannya enak bgt walaupun cm di convenient store gitu, mereka akan nawarin mau dipanasin apa ngga. Oiya setelah pengalaman makan di sevel itu, akhirnya saya sering banget beli makannya di convenient store karena harga yang jauh lebih murah dari restoran biasa. Saya biasanya akan splurging makan di restoran yang memang terkenal dan khas daerah itu, tapi sisanya sarapan onigiri ¥100 atau nasi kare ¥450 dan bento ¥500 yang can’t go wrong lah ya dibanding beli di restoran yang minimum harga bentonya ¥1200. Lumayan saya bisa nyobain hampir semua makanan – makanan enak khas sana kaya nasi pake umeboshi, soba, wagyu / kobe, uni atau sea urchin, dll tanpa bener – bener ngabisin uang karena pakai system subsidi silang haha.

Oiya for further saving tips, air keran di Jepang dianggap memiliki kadar yang paling aman di dunia untuk diminum. Tapi berhubung asa geleuh gitu ya kebiasaan disini, saya suka beli bottled water jadinya. Tapi saya baru ngeh, ternyata bottled water yang 2l harganya jauh lebih murah (¥98) dari yang 600ml (¥120). Akhirnya saya beli yang gede untuk refill botol kecil. Alasan mereka, dibikin lebih murah biar orang ga dikit – dikit beli biar ga banyak waste / sampahnya (tepuk tangan untuk Jepang!). Eh terus ya, based on artikel penelitian ttg air keran katanya rasa air keran lebih enak pada daerah – daerah penghasil bir. Nah karena Sapporo penghasil bir, saya cobain dong. Rasanya… air aja gitu hahahaha asli saya ga bs bedain sama daerah di Jepang lainnya padahal udah sok – sok kaya org nyobain wine yang disret – sret di tenggorokan gt.

Esok paginya saya jalan – jalan ke fish market disana yang lucu banget karena semua ikan kepiting yang dijual bisa langsung dimasak dan saya akhirnya sarapan disana. Makanan – makanan yang fresh banget bisa dinikmati dan karena hasil milih sendiri, jadinya juga lebih puas rasanya. Oiya pasarnya jangan bayangin kaya pasar sini ya. Gak amis sama sekali dan super bersih tempatnya, ga ada juga tuh abang – abang pake kaos kutang sambil ngerokok samsoe duduk disamping meja ikan sambil ngipas – ngipas lalet. Jujur karena banyak testernya, saya banyaaakk banget nyobain makanan dari rumput laut sampai cumi bakar.
Hakodate Fish Market
Setelah puas sarapan disana, kami naik kereta ke Sapporo yang lagi – lagi harus rebutan duduk karena ga dapet seat yang reserved. Selama di Sapporo, kami ambil local tour karena banyaknya site yang kami ingin datangi dan males mikir kendaraannya hahaha. Local tour yang kami ambil dari Chuo Bus Sightseeing dengan package ke Aoi Ike atau blue pond, farm tomita, dan tour di Biei. Aoi Ike itu, terkenal banget gara – gara background iOS ternyata itu danau yang terbentuk secara ga sengaja dan warnanya biru terang dan akan berubah warna jadi hijau terang atau biru gelap ngikutin pantulan biru langit karena kandungan sulfur. Mirip kawah putih gitu tapi sama sekali ga bau hehe. Aoi Ike ini baru – baru aja jadi tujuan wisata, jadinya belum terdevelop dengan baik karena jalanan masih pasir dan belum ada toiletnya. Tapi, ini highly recommended bgt lokasinya karena beneran bagus banget danaunya.
image from here
Dari Aoi Ike, saya ke Farm Tomita juga Biei, nah ini lokasi yang baguuuuussss banget bunga dan pemandangannya. Disana terkenal banget lavender dan melon Hokkaido, jadi ada jualan eskrim rasa lavender & melon. Berhubung yang melon saya udah coba di Hakodate, saya coba eskrim lavender di farm tomita. Jujur, rasanya kaya body lotion yang wangi gitu hahahaha enak sih ga pait kaya body lotion beneran yaah (iya saya tau body lotion pait karena saya pernah nyobain jg nyahaha!).

Berhubung saya ikut tour, makanan juga udah ditanggung sama tournya. Kami diajak ke restoran yang menyajikan makanan paling terkenal dan khas di Biei yang sayangnyaaaaaa adalah roasted babi hitam. Berhubung ga makan babi, nasiblah kami cm makanin side dishnya sayuran sambil ngeliatin meja – meja sebelah pada ngangguk2 keenakan.

Btw, deket hotel kami ada kedai yang “ala Great Teacher Onizuka bgt” dan ternyata itu tempat hangout anak muda sana sambil ngebir lucu. Begitu masuk kedainya seperti biasa kami diteriakin slmt datang kaya mbak2 sushi tei, tapi saya langsung sadar tempatnya agak rock n roll karena lagu yang dipasang ialah lagu2 asian kung fu generation dan pegawainya yang anak muda berkaos hitam bentuk metal semua. Pas mau pesan, menunya ga ada tulisan bahasa inggris sama sekali kan, langsung dong saya disuruh pesen sambil sok asik ngomong pake bhs Jepang pas – pasan, terus berhubung lama mesennya dan saya bolak balik ngejelasin ini bukan babi, ini sate khas Jepang (yakitori), ini itu, kayanya si anak muda rambut jabrik itu ga sabar trs dia ngomong aja dong “no, it’s chicken.” Heyaaaaa si bangkeee kalo tau kan dr awal gw mesen langsung pake bahasa inggris ajaaa!

Selain si anak muda jabrik, ada juga eceu pelayan yang lucu bgt gayanya. Pake kalung choker, rambut dicepol 2, dan yang paling lucu adalah make upnya. Lebih tepatnya blush on-nya yang nyeplak dibagian bawah mata. Jadi di Jepang itu ada trend dimana perempuannya dandan seakan – akan mereka habis mabuk atau hangover. Gaya make up ini pertama kali diperkenalkan oleh Shinobu Igari, hence the name Japanese Igari Makeup. Aneh sih malah pengen keliatan kaya orang sakit, asal jangan abis ini trend makeupnya KDRT aja mata biru lebam. Si trend ini saya liat all around Japan sih, banyak banget perempuan muda yang dandan kaya gitu.
gayanya mirip banget sama ini
Malamnya pas saya lagi jalan – jalan di Sapporo (saya gatau mau ngapain jd iseng aja jalan), saya nemu festival bir gedeeee banget dimana orang – orang pada ngumpul dan minum, karena saya ga ikutan, saya jalan ke taman diseberangnya  ternyata ini lagi si Obon Festival itu atau BonOdori. Nah disini akhirnya saya nemuin khayalan saya tentang festival musim panas yang saya liat di TV seperti orang – orang pada pakai yukata, nangkep ikan pakai cidukan kertas, street food cart, dan yang paling penting adalah orang nari – nari sambil ngelilingin tower berisi penabuh drum sambil nyanyi – nyayi lagu khas Jepang (kaya sinden gitu). Si tariannya ini sendiri kaya poco – poco gitu deh ngana pe goyang pica pica. Semua boleh ikutan keliling nari dan tariannya juga gampang banget diikutin. Saya yang ingatannya kaya dori aja bs cepet hafal karena ada “guru” yang tersebar di dalam lingkaran itu. Sumpah bonodori ini seru bgt, tertebus lah penderitaan saya gara2 mudik obon festival yang bikin saya bediri di kereta berjam – jam (ga juga deng).
image dari sini
Dari Sapporo, saya menuju Tokyo lagi – lagi menggunakan shinkansen (btw, JRPass ini beneran guna banget untuk yang mau keliling kaya saya). Karena di station kami udah baik banget dibantuin mba – mba JR, akhirnya kami dapet seat untuk ke Tokyo walaupun duduknya yang super mencar dan saya duduk sendiri. Doa saya ialah siapa tau sebelah saya cowo Jepang cakep kaya Hyde-nya Laruku namun malang rupanya yang duduk sebelah saya ternya aki – aki. Yaudahlah pupus harapan mau sok – sok ketiduran nyender di bahu abang. Pas kereta mulai jalan, akhirnya saya dan si kakek ngobrol panjang lebar. Dengan sok akrabnya saya langsung manggil dia ojiisan (mentally saya udah adopsi si ojiisan ini jd kakek sendiri krn dia baik bgt muhaha) dan beliau ngajarin saya hiragana yang saya sok paham aja padahal iqra yang belajar dari kecil aja saya kadang masih suka kebalik. Si ojiisan cerita ini pertama kali dia naik shinkansen sambil nunjukin notebook berisi tulisan tangan dia dan nama – nama stasiun beserta jamnya yang dilewatin shinkansen ini. Oldschool tp so sweet bgt gemes pokonya dibanding yang lain udah pada baca infonya di smartphone, sedangkan beliau hpnya masih hp flip dan bawa sapu tangan + pakai sepatu sneakers walaupun pakai celana dan kemeja yang dimasukin. Huff jumawa dong saya pastinya karena udah pernah (walaupun berdiri) naik shinkansen dan langsung (sok) mengasihani ojiisan (kebayangnya saya si kakek biasa di desa gitu kan ga pernah naik kereta). Terus dia bilang, “iya kalau pakai kereta baguuuss ya pemandangannya tapi lama” (saya sambil ngangguk2 sok iye), “selama ini saya selalu naik pesawat soalnya waktunya lebih cepet” jreeeeeeeennnnggg!!!! Ternyata doi bukan kakek di desa yang suka dipasang fotonya di lambe_turah gitu soob emang dasar ga boleh yaa nilai orang dari ½ percakapan aja. Ojiisan ini cerita dia mau berdoa ke kuil untuk almarhumah istrinya aduh so sweet banget asli dan dia ngejelasin tentang volcano di Jepang dan kenapa railwaynya ngebelah gunung.
さようならおじいちゃん
Duh, kayanya post ini udah kepanjangan. Daripada yugais pada muntah darah cukup sekian dan terima kasih dulu kali yaa. Teh Aya, sorry abis ini ada post part.3 yaa tentang di Kyoto & Tokyo..

1. ngakak pas baca kakek lambe turah, tapi terus sedih terharu uh so sweet :___)