Brand Batik Kekinian

Sekarang ini Batik semakin populer, sejak diresmikan sebagai world heritage oleh Unesco dan tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik. Banyak orang yang sudah mulai menyukai Batik dan tidak hanya memakainya untuk acara resmi atau ke acara pernikahan saja. Kita juga sudah banyak menjumpai Batik di keseharian, di Mall dan di tempat lainnya. Model-model pakaiannya juga semakin menarik dan unik sehingga masyarakat tidak melihat batik sebagai hal yang ketinggalan jaman.

Saya sendiri menyukai batik dan kain-kain tradisional Indonesia lainnya semenjak kuliah di Kriya Tekstil tahun 2006, Saya mulai mengkoleksi Batik dan Tenun. Sejak saat itu juga Batik mulai mengisi lemari saya sampai sekarang kayanya ga punya baju polos hahaha.

Brand Batik baru banyak bermunculan dan sudah mulai mengalahkan pamor brand Batik besar seperti Danar Hadi, Iwan Tirta, Batik Keris,dsb. Walaupun tetap saja brand-brand tersebut masih banyak pengagum setianya.

Disini saya mau berbagi beberapa brand Batik yang menurut teteh Ifa keren-keren dan populer di kalangan anak muda jaman sekarang:


Sejauh Mata Memandang







Brand yang didirikan oleh the famous Citra Subiyakto, muse saya dari saya SMA dan stylist film-film populer Indonesia. Brand ini baru berdiri pada tahun 2015 dan sukses merebut hati jutaan perempuan Indonesia lewat scarf ayamnya yang terkenal lewat film Ada Apa Dengan Cinta.

Artina

Brand Batik yang diusung oleh dua bersaudara Arina dan Agustina ini didirikan pada tahun 2011, dan terkenal dengan bordirannya. Motif dan warnanya kontras dengan kain batiknya yang didominasi dengan warna monochrome. 




Arkamaya

Arkamaya Batik dipelopori oleh Danny Satriadi. Kombinasi warna yang cantik dipadankan dengan desain yang playful, modern dan edgy ditambah dengan bordir ethnic dan aksesori lainnya membuat brand Arkamaya unik sekali berbeda dengan brand batik lainnya.





Populo

Batik Populo yang baru-baru ini terdengar gaungnya karena membuat batik dengan tema Star Wars. Brand ini diusung oleh Bai Sumarlono dan Joseph Lim. Mereka membuat batik dengan konsep modern berupa garis dan motif geometris menggunakan teknik batik cap dan batik tulis. Kalau dilihat di instagramnya sih didominasi dengan gambar arsitektur dan pattern geometris yang berulang yang menjadi sumber inspirasi batik Populo.






Oline Workdrobe

Brand milik Caroline yang biasa dipanggil Oline seperti nama brandnya didirikan sejak tahun 2009. Brand ini sangat populer dikalangan pecinta lokal label dan ibu-ibu muda, karena saya sering melihat post di instagramnya dengan gambar ibu-ibu muda seragaman sedang jalan-jalan memakai baju Oline.

Brand ini memiliki desain yang unik, dan limited perdesain mungkin hanya satu baju. Dengan pola yang rumit menjadikan desain dari brand Oline ini susah ditiru. Hanya dengan memakain baju Oline dan dipasangkan dengan sendal jepit saja kamu udah bisa terlihat keren tanpa effort yang berlebihan.





Tik Prive

Tik Prive ini adalah brand kedua yang dibuat oleh Iwet Ramadhan pada tahun 2014, Brand ini lebih eksklusif dibandingkan dengan brand sebelumnya, Tikshirt. Iwet Ramadhan sepertinya ingin menyasar konsumen yang lebih high. Iwet lebih banyak menggunakan batik tulis di koleksinya, dan ia juga mencantumkan tanda tangan sang pembatik di setiap koleksinya.




Lulu Lutfi Labibi

Lulu sangat populer di kalangan pengguna instagram. Dan para model, artis serta seleb social media sering mampir ke galerinya yang berlokasi di kota Yogyakarta. Tak hanya mampir dan membeli, mereka juga mancoba pakaian tersebut dan difoto secara artistik oleh Lulu, ditambahnkan dengan caption yang puitis sehingga membuat foto itu terlihat seperti karya seni dan membuat senang orang yang di foto.

Lulu merupakan l;ulusan dari Lomba Perancang Mode Femina pada tahun 2011. Tanpa memakan waktu yang lama setelah kemenangannya, dengan desainnya yang unik dia lansung terkenal dan dicintai oleh anak muda.






dan tidak lupa brand teteh Ifa Sendiri,
Giffa Batik






Brand teteh didirikan tahun 2010 setelah lulus kuliah. Brand Giffa ini mempunyai ciri khas batik dengan bahan kaos, tidak seperti batik lainnya yang berbahan katun. Sehingga kamu bisa dengan nyaman pakai untuk sehari-hari. Untuk ke Mall, hang out sama temen-temen atau traveling keluar negeri bisa sambil ngenalin budaya Indonesia. Batik Giffa ini memiliki koleksi untuk perempuan, laki-laki sampai anak kecil. Untuk lehbih lanjutnya kamu bisa cek langsung atau belanja ke www.giffaindonesia.com hihi sekalian promosi yaa!

Kurang lebih brand-brand tersebut adalah yang menurut teteh Ifa kece. Gak kalah kan sama brand luar lainnya? Ayo mulai sekarang lengkapin koleksi di lemari kamu sama baju batik yang keren keren! Bangga pakai produk lokal yang sekarang semakin bagus :)

xoxo,


Teteh Ifa

Updated: 

Amanda Hartanto Batik

Image result for amanda hartanto

Satu lagi brand batik yang sedang marak saat ini, Amanda Hartanto. Manda mendesain batiknya sendiri dan bukan hanya mendesain, Manda benar-benar paham tentang Batik, mulai dari filosofinya dan cara membuatnya. Lulusan Kriya Tekstil ITB ini menghadirkan busana Batik Modern tanpa meninggalkan nilai filosofi dari Batik itu sendiri. 


Image result for amanda hartantoImage result for amanda hartanto



2 comments:

  1. Teeeh ifaaa, aku mau kimononyaaaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malah belanja jadinya :)) Keren-keren ya batik jaman sekarang <3

      Delete