Japan Trip Part 3

Hi! Sekarang saya mau melanjutkan post saya tentang Jepang (tenang ini post terakhir kok) semoga pada ga bosen yaa bacanya. Untuk yang inget post part 2 dengan image torii (gerbang kuil) di air akhirnya saya penasaran dan cari tau itu torii apa. Torii seperti itu yang paling terkenal ada di Hiroshima. Tapi yang saya liat waktu itu ada di LakeBiwa yang biasanya digunakan masyarakat Jepang untuk berdoa mendapat anak, jodoh, dll. Karena Lake Biwa ini gede banget, jadi torii itu kesannya kaya ngambang di tengah laut.


Anywaayyy, sesampainya di Tokyo & karena udah niat mau ke Kyoto esoknya, begitu sampai JR station kami langsung booked seat PP untuk ke Kyoto yang ternyata seatnya juga udah tinggal dikit (saran saya ambil yang kereta pagi aja). Akhirnya kami naik shinkansen ke Kyoto dan lanjut naik JR train turun di Inari station yang persis ada di depan Fushimi Inari Shrine. Gausah takut ketinggalan JR trainnya, karena tiap 5 menit ada lagi. Kyoto Station juga bagus dan termasuk largest building di Japan sampe ada bioskopnya segala. Yang pengen ngirit bisa cari makan disini dulu baru ke Fushimi Inari Shrine karena di sekitar kuil udah dianggep sebagai daerah wisata dan harganya slighty lebih mahal. Tapi di deket kuil ada jalan ke kiri dibelokannya (wow! patokan penunjuk arah yg jelas sekali bukan?) ada restoran yang penjualnya manggang unagi di depan restonya. Restoran itu rame banget dan emang saya akui makanannya enak banget dan kalau minta di lantai 2, bisa duduk di tatami.

Di Fushimi Inari Shrine, harapan saya lumayan pupus pengen foto di torii yang panjang kaya Andien Ipeh karena rameee banget yang datang. Saya foto di gerbang yang awal – awal dan yak tentu saja yang keliatan cuma tiang merah dan ketek orang – orang yang foto sambil ngangkat tangan. Apa sih maksud foto ngangkat tangan kaya lagi ditodong gt?. Intinya pupus sudah pamer di socmed dengan background jejeran torii karena katanya kalau mau yang sepi biasanya pagi banget atau foto di bagian atas in which naik tangga ke atas gunung. Bhay aja! Naik tangga 3 lantai aja asma kambuh (padahal saya ga punya asma). Akhirnya saya keliling2 dibawah sambil jalan tak tentu arah. Ternyata saya menuju jalan keluar dari jejeran torii itu yang mana KOSONG sodara2. Langsung saya kalap foto2 terus kalaupun ada yang lewat mereka pakai yukata yaudah gpp sekalian property foto hahahaha. Jadi cheatnya adalah, habis naik tangga yang menuju torii (sesudah tempat doa / jimat) kan orang – orang belok kanan masuk ke toriii, nah kita belok kiri. Langsung deh disambut jembatan merah dengan garden ala japan dan jejeran torii yang kosong dan bisa puas foto disana.
foto dari sini
Karena selesai lebih cepat dari rencana jalan – jalan di Kyoto, kami ga jadi ambil shinkansen yang telah dibooking. Kami langsung lompat ke shinkansen yang datang dan ga dapet kursi (terulang lah kejadian gelosor di depan wc walau cuma bentar). Ga lama akhirnya kami dapat seat kosong di gerbong non reserved. Aman dong ya bisa bobo cancik? Salah lagi sodara2! Bobo sih, tapi pas udah mau deket Tokyo kami BM pengen ke Shibuya karena pengen foto sama Hachiko (aslinya mah pengen belanja). Setelah googling ternyata kami harus turun di Shinagawa Station untuk lanjut pakai JR train ke Shibuya. Pas lagi googling itu, saya baru sadar kalau shinkansen yang saya gunakan adalah shinkansen nozomi atau kereta yang ga dicover sm JRPass hahahaha! Padahal si kondekturnya ngeliat kami geletakan di lantai tapi dia chill aja. Yaudah baca bismillah lagi semoga ga tiba2 disuruh bayar ¥13.900 nyehehe mungkin Allah masih ngizinin uangnya disimpen buat beli Baobao di Ginza.

Di Shibuya saya nemu Pikachu. Bukan, bukan lagi ngomongin Pokemon Go! Tapi saya ketemu cewe pakai kostum Pikachu beneran. Pas saya kegep fotoin dia, entah kenapa reflex saya adalah sok2 motoin pemandangan padahal mah di dalem toko ada pemandangan apaa coba?! Segitu menariknyakah gantungan baju dan lap kaca mata?? Walaupun dia bete karena saya foto, tapi itu aslinya banyak yang motion dia loh saya aja ga hoki haha.  Btw, selain daiso ¥100 disana ada 3coins atau toko yang isinya barang seharga ¥300 lumayan buat beli kaos kaki, pouch make up (sssstt oleh2), atau cepel buat masak hahaha.

Untuk yang pengen liat cosplay di Harajuku, saran saya kesananya pas weekend deh. Karena saya ke Harajuku hari senin, kosong pak bapak buk ibuukk. Cuma ada gagak terbang2 di depan Meiji Shrine. Oiya kenapa Meiji Shrine, karena biasanya yang pada kostum aneh2 itu nongkrongnya di jembatan menuju Meiji Shrine. Dari Meiji Shrine, saya liat ada orang ngantri panjaaang bgt buat beli takoyaki. Logika saya (yang emang random) adalah, dimana restoran rame disitulah makanan enak. Langsung deh saya ngantri takoyaki 20menitan dan emang bener rasanya enak bgt. Habis belanja – belanja dan makan takoyaki, sebenernya saya nyasar dikit karena ngikutin jalan potong dari google maps. Tapi karena itu saya jadi nemu toko – toko yang emang bukan untuk tourist tapi designnya keren banget kaya s h i m a salon ini.

Berhubung Jepang aman banget, kita ga akan takut untuk jalan sendiri keliling harajuku sampai malam. Di harajuku banyak banget toko yang jual ala gothic lolita yang sepintas jalanannya berasa kaya pasar biasa, tapi kalau mau sebenernya toko – toko yang nyempil dan nyelip kedalam gedung punya barang – barang murah dan lucu vintage. Ohya, harajuku ternyata emang terkenal dengan barang 2nd hand shop yg modelnya lucu bgt. Saya dapat haori atau jacket kimono vintage dengan harga yang ga terlalu mahal. Ditempat saya beli juga jual yukata yang lucu – lucu walaupun nyucinya emang ribet.

Selama di Tokyo saya pakai Pasmo yaitu semacam kartu untuk MRTnya. Di subway saya ketemu banyaaaaaakkk banget anak sekolah yang berdiri di kereta padahal seatnya banyak yang kosong. Pas saya tanya kenapa mereka ga duduk, mereka bilang ternyata itu peraturan sekolah. Tega juga yaaa, disini juga anak SMP ga duduk juga sih di angkot tapi karena mau berdiri di pintu dan penuh bkn karena gamau hahaha. Nah pas saya mau keluar dari subway station, ternyata credit pasmo saya ga cukup dan kurang ¥25 aja dong. Karena gemes nanggung banget akhirnya saya ngomong ke penjanganya bisa ga saya bayar sisanya aja dengan receh yang numpuk banyak bgt. Ternyata boleh loh, lumayan receh berkurang dan saya jg ga perlu ribet top up Pasmo yang ga akan kepakai lagi. Oiya, inget stand takoyaki di Harajuku yang bikin saya ngantri lama? ternyata stand takoyaki itu ada cabangnya di subway station deket hotel saya, dan sering saya lewatin tanpa sadar. Hahahaha...ha..ha..bangke!. 

Eh iyaaa, di setiap station besar di Jepang mereka punya cap masing – masing yang nunjukin khasnya daerah it atau yang disebut dengan Eki Stamp. Nah jadi kalau kita punya notebook, kita bisa ngecap buku kita kaya di passport gitu untuk kenang – kenangan pernah ke station mana aja. Ga cuma station sih, TV tower, temple, zoo, dll juga punya stamp sendiri yang bisa kita gunakan sebagai kenang – kenangan. Kalau mau notebook yang bentuknya emang kaya passport, bisa beli di gift shop yang banyak tersebar harganya juga ga terlalu mahal.
image dari pinterest
Ngomong – ngomong tentang gift shop, waktu itu saya mau beli tempelan kulkas dan agak kesulitan ngejelasin ke penjualnya tentang apa yang saya mau. Akhirnya saya dibantu oleh pengunjung lain, seorang ibu dari China. Nah setelah itu kita ngobrol – ngobrol sebentar dan si Ibu nanya knp saya sedikit2 bisa bahasa Jepang dan China. Pas saya jawab karena nonton film Jepang dan China, si ibunya ngakak aja dong karena ternyata dia juga belajar bahasa dari nonton drama Jepang dan Korea. Duh ibu, drama unite banget ya kita~.


Begitulah cerita saya selama keliling – keliling di negara orang. Kalau ada yang punya cerita dodol atau seru, boleh loh bagi pengalamannya sama kita. Bisa melalui comment, share link blogpost kalian, atau email juga gpp. Sampai ketemu lg di post random lainnyaaaa!!

2 comments:

  1. Teh ebi ayo liburan barengg.. aku ingin dodol bersamamu, hahahahhahaha

    ReplyDelete
  2. hahahahhha ngakak gueee wkakakakkaak makasi udah menghibur

    ReplyDelete