Berbisnis lewat instagram


Teteh Ifa lagi pusing sebenernya gimana sih cara yang baik dan benar berbisnis lewat Instagram? Ko followersnya ga nambah-nambah ya, yang like juga sedikit dan engage dengan konsumennya juga kurang. Jadilah browsing-browsing di internet. Dari hasil baca-baca, teteh Ifa berhasil mencatat beberapa point yang penting nih :


 Pasang foto/logo yang menarik dan profil yang jelas

Foto/logo yang menarik membuat orang untuk masuk ke akun kita dan profil yang jelas membuat orang percaya untuk follow. Mereka juga dapat mengetahui dimana dapat menemukan, menghubungi dan membeli produk tersebut.


Selalu Gunakan foto yang terbaik

Foto yang di post merupakan foto yang palik baik yang dimiliki dan memiliki kualitas yang bagus sehingga tidak pecah. Foto-foto yang di post diusahakan memiliki tema yang sama atau telah diedit dengan filter/tema yang sama agar tampilan di Instagramnya seragam.


Gunakan hashtag

Menggunakan hashtag agar post kamu mudah di temukan. Gunakan hashtag yang sesuai dengan  produk kamu. Berikut hashtag yang paling populer di instagram :


Post setiap hari 

Diusahakan post setiap hari biar konsisten dan setiap hari kira-kira 1-3 post. Berikut jam-jam yang tepat menurut Lot81marketing;




Membuat jadwal post

Membuat jadwal post bulanan dimaksudkan agar kamu tidak kebingungan mencari konten untuk di post. Berikut contoh jadwal post 1 bulan menurut Fionaflintham Marketing :



Interaksi dengan follower 

Perbanyak interaksi dengan followers atau following. Misalkan dengan comment foto yang kamu suka, like foto atau following akun yang menurut kamu berhubungan dengan bisnis kamu. Jangan lupa untuk balas comment di akun kamu. Kamu juga bisa regram foto yang di tag followers, pastinya yang berhubungan dengan bisnis kamu


Cari tahu post yang paling follower kalian sukai

Cari tahu kira-kira post apa sih yang paling banyak di like atau di comment. Nah sering-seringlah kalian selipkan diantara post jualan. Dari yang teteh Ifa baca seharusnya akun bisnis itu posting 20% produk jualan kita dan 80% tentang hal lain yang berhubungan dengan bisnis kita. Dari pengamatan teteh Ifa post yang paling disukai adalah post yang berbau komedi atau quote.





Membuat Giveaway

Apa sih sebenarnya giveaway itu? Giveaway sama seperti sebuah permainan / kontes dimana ada yang penyelenggara, lengkap dengan peraturan-peraturan dan tata cara untuk mendapatkan hadiahnya. Bagi yang ingin ikutan caranya cukup mudah, yaitu hanya perlu mengikuti peraturan penyelenggara secara lengkap dan pemenang akan dipilih sesuai regulasi giveaway tersebut.
Peraturan / rules giveaway biasanya dibuat ringkas dan mudah, seperti hanya dengan mem-follow akun Ig olshop, repost foto tertentu, tag akun tertentu,  atau memberikan hashtag khusus pada caption. Sederhana atau rumitnya rules giveaway juga tergantung kepada hadiah yang akan diberikan. Bila semakin besar hadiah tentunya akan cukup banyak syarat yang harus dipenuhi bukan. Pemenangpun akan dipilih berdasarkan beberapa metode, seperti dipilih random (seperti kocok arisan), atau berdasarkan like terbanyak, repost terbanyak, dan lainnya. Hal-hal seperti ini akan membuat follower kamu menjadi aktif, seperti memberikan like di foto-foto Ig, mem-tag teman mereka, sampai me-repost foto giveaway kamu.


Hubungkan akun anda dengan akun sosmed lain

Terakhir, hubungkan akun kamu dengan akun sosmed yang lain seperti Facebook, Twitter, Path, dll. Jadi dalam satu kali post kamu bisa menjangkau konsumen di sosmed kamu yang lain.





Nah, Selamat mencoba ya! Teteh Ifa juga mau coba praktekin, semoga followersnya bisa tambah banyak dan bisnisnya makin dikenal. Aaamiiinn yang panjang!

-Teteh Ifa-

No comments:

Post a Comment