2017 Anti Malas

Akhir tahun itu selain musimnya diskon, juga biasanya waktunya orang-orang mikirin resolusi tahun depan. Resolusi tahun lalu saya adalah : menjadi kurus. Yang akhirnya berubah dengan sendirinya secara perlahan di tengah tahun menjadi : sering berolahraga, dan kini di bulan Desember dimana tahun hampir berakhir menjadi : lebih sehat. Bukan artinya resolusi saya tidak tercapai loh, hahaha tapi justru saya merasa resolusi saya berkembang menjadi lebih baik. Dari yang tadinya ingin kurus (saja), saya secara perlahan bisa memahami enaknya berolahraga secara konsisten yang menghasilkan pribadi saya menjadi lebih sehat, hingga pada akhirnya si “pengen kurus” ini menjadi tidak penting lagi. (Tapi jadi bonus, huahhaha!)

Untuk tahun depan, resolusi saya adalah menjadi lebih produktif. Jujur, belakangan ini saya banyak menunda-nunda pekerjaan yang ingin saya capai, alasannya? Saya ini pemalas. Ya karena banyak alasan aja. Karena urus anak-lah, urus suami, urus rumah, capek, gak mood, dan lain-lain. Itu alasan yang dibuat-buat aja sih sebenernya, karena saya percaya kalau kita sudah punya tekad, harusnya semua bisa dilakonin secara perlahan. Yang namanya waktu itu sebenernya panjang kalau bisa kita manage dengan baik. Kalau manage nya buruk, ya waktunya cepat habis dipakai tidur-tiduran, cek sosmed, atau nonton sinetron gak jelas (yes, ini adalah curcol). Makanya di tahun depan, saya mau lebih bisa me-manage waktu dengan lebih efektif. How? Dengan tekad tentunya (ceilehh), dan dibantu oleh reminder dan planner yang baik.


Jaman yang sudah canggih begini sebenernya aplikasi reminder atau planner bisa diunduh di smartphone sih, tapi gatau kenapa saya selalu lebih suka nulis langsung diatas kertas. Lebih kena aja rasanya nulis langsung di kertas dibanding ngetik teks di smartphone. Kalau ada yang harus saya lakukan di keesokan hari dan takut kelupaan, saya masih sering loh tempel post-it di pintu kamar atau di cermin kamar mandi supaya terbaca di pagi harinya, dibanding pasang reminder di smartphone. Kalau pasang notes di smartphone rasanya suka tetap saja lupa, karena waktu alarm reminder bunyi, refleks aja tekan “OK” atau apapun yang pada akhirnya bikin dia off sebelum saya lakukan si task itu, kemudian saya nanti-nanti dan ya ujungnya lupa-lupa lagi. Mungkin saya nya aja yang males ya (NAH TU TAU!) hahaha tapi saya yakin banyak yang punya perasaan serupa.

Grocery List (Source : andreadekker.com)

Trik reminder yang jitu bikin inget! Tempel di kaca. (Source : makeandtakes.com)

Nah untuk menyambut tahun 2017 produktif (eciee), saya berencana mencari planner atau journal kece yang di break-down (kalau bisa) sampai ke jam-jam per hari. Waktu liburan ke Jepang lalu, nemu banyak tapi tidak saya beli karena.. nama-nama hari dan informasi lainnya ditulis pakai huruf Jepang kanji. Piye toh, nanti mau produktif jadi kehambat lagi sama translate planner dulu, haha. Planner yang dijual di toko buku sini macem Gramedia misalnya, mayoritas sifatnya hanya weekly planner saja sedangkan yang saya cari adalah daily planner yang sampai break-down per jam itu. Tapi juga tentunya yang cute, jangan kaya journal bapak-bapak (Ya allah, banyak mau banget).

Daily Planner (Source : alexiaclaire.com)
Cute yah! (Source : etsy.com)
Planner yang saya keceng banget ada dijual di ebay tapi harganya bikin dompet nangis, huhu.. Sebenernya juga bisa sih saya bikin sendiri, modal excel (atau pinterest biar kekinian), mesin printer, dan tukang fotokopi terdekat, tapi.. malas belum ada waktu untuk dirancang jadi keren, kalo jatuhnya jadi kaya buku kas guru-guru jaman SD nanti jadi males nulis. (alesan males lagi!) 


Planner 2017 Anti Malas? Um.. Not quite. (Source : toko-aries.com)

Jadi gimana? Apa resolusi kalian di tahun 2017 nanti? Apapun itu, semoga selalu semangat dan konsisten yah teteh-teteh sekalian! Jadikan diri kita selalu menjadi lebih baik dan selamat tahun baru 2017!  

Hidup 2017 Anti Malas! :)

 

3 comments:

  1. hehe salam teh, malas kadang g jauh-jauh dengan dengan yang namanya jenuh.
    soal pengingat dengan smartphone memang g efektif untuk yang sudah cukup umur, :D

    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, salam kenal juga! Hahaha ketauan nih saya udah ga muda lagi (nangis sambil ketawa) gpp ya yang penting berjiwa muda. Ya sih, mungkin jenuh dengan rutinitas sehingga mau mulai sesuatu yang baru bukannya semangat tapi malah jadi malas. Mudah2an program 2017 anti malas saya bisa berhasil, doakan yaa! :)

      Delete