Current #girlcrush: Halsey

Entah mengapa, telinga saya memiliki soft spot untuk lagu-lagu beraliran electropop--terutama yang penyanyinya berjenis kelamin perempuan. Rasanya, lagu-lagu jenis ini selalu terdengar enak untuk saya. Mungkin karena pada dasarnya lagu-lagu electropop memang diciptakan untuk membuat pendengarnya merasa fun, jadi enak banget untuk didengarkan saat di jalan ataupun saat sedang berolah raga. Lady Gaga, The Ting Tings, AlunaGeorge, Emma Hewitt, Ellie Goulding, La Roux, Little Boots, Yelle, adalah beberapa nama yang sering saya ketuk di layar ponsel atau pemutar MP3 untuk menemani saya berkegiatan.

Kegemaran saya pada musik easy listening yang asyik dibawa berjoget ini pun dipahami betul oleh orang-orang di sekitar saya. Tidak jarang, kakak, suami, atau teman-teman saya membuka percakapan dengan kalimat, ‘Eh, ini kayaknya tipe-tipe lagu lo deh,’  ketika berjumpa dengan saya. Dan sebagian besar lagu yang mereka rekomendasikan memang cocok dengan selera saya.

Image source: elle.com

Perkenalan saya dengan Halsey pun diawali dari kejadian serupa. Suami saya lah yang pertama kali memperkenalkan saya dengan Halsey dengan memperlihatkan rekaman live performace-nya yang ini:



Saya pun langsung jatuh cinta.


Siapa Sih Halsey?

Halsey adalah nama panggung yang diciptakan oleh Ashley Nicolette Frangipane. Perempuan kelahiran tahun 1994 ini lahir dan dibesarkan di New Jersey, Amerika Serikat. Ia pertama kali merilis EP berjudul Room 93 pada 27 Oktober 2014, dan album perdananya yang berjudul Badlands dirilis pada 28 Agustus 2015. Nama Halsey sendiri dia dapatkan dari nama sebuah jalan di Brooklyn--tempat di mana dia banyak menghabiskan waktunya ketika ia remaja--dan kebetulan juga merupakan anagram dari nama depannya: 'Ashley'.

Mirip dengan beberapa penyanyi seusianya, Halsey mengawali kariernya melalui YouTube. Ia suka meng-cover lagu-lagu di YouTube sampai suatu hari ia mem-post lagu buatannya yang berjudul Ghost ke akun SoundCloud miliknya. Lagu inilah yang kemudian berhasil mengetuk pintu sebuah label rekaman bernama Astralwerks, dan berlanjut pada rilisnya EP pertama Halsey. Lagu ini tentunya juga ada dalam track list album Badlands.



Apa Bedanya Halsey dari Penyanyi Lainnya?

Selain lagu dan suara yang catchy dan sangat sangat sangat enak didengarkan berulang-ulang, menurut saya Halsey memiliki keunikan pada penampilannya. Terlahir dari ibu yang berdarah campuran Italia, Hungaria, dan Irlandia, serta ayah yang berdarah Afrika-Amerika membuat wajah Halsey terlalu rumit untuk didefinisikan sebagai 'cantik' atau 'tidak cantik'. Mukanya enak dilihat, tapi terlalu unik, agak jauh dari tipikal cantik khas Hollywood.

Keunikan penampilannya ini ditambah lagi dengan hobinya berganti-ganti gaya rambut--yang seringkali sangat drastis. Tentu saja ini membuat wajahnya terkadang jadi ikut ’berubah-ubah’. Berikut beberapa artikel di internet yang membahas evolusi gaya rambut Halsey: [1], [2].

Kalau melihat selera fashion-nya yang minimalis (entah mengapa Halsey sering sekali manggung 'gak pake celana', alias memamerkan tungkainya mulai dari pangkal paha), saya juga beranggapan bahwa Halsey bisa dibilang semacam role model untuk para remaja saat ini. Kalau kamu sering melihat foto-foto remaja di Tumblr, nah kira-kira seperti itulah cara berpakaian Halsey. Terkesan asal-asalan dan grungey, tapi tentunya cool in its own way.

Selain itu, kalo kamu iseng mencari rekaman wawancaranya di YouTube, kamu juga akan melihat bahwa Halsey memiliki kepribadian yang menyenangkan. Hihihi. Menurut saya, kayaknya dia asyik buat dijadiin temen main karena orangnya santai, ceplas-ceplos, dan easy-going banget *gila, akrab abis gue* :))

Nama Halsey yang sudah cukup keras gaungnya ini menjadi makin tenar sejak ia berkolaborasi bareng Justin Bieber di lagunya yang berjudul The Feeling:


Tidak cukup sampai di situ, single terbarunya yang berjudul Castle juga terpilih menjadi soundtrack dari film The Huntsman: Winter's War yang dimainkan oleh Charlize Theron:



Mendengarkan lagu-lagu Halsey dengan suaranya yang khas jadi mengingatkan saya ke hari-hari saat saya sering begadang mengerjakan tugas kuliah. Dulu, di saat-saat itulah saya paling sering memutar lagu-lagu electropop. Karena kebiasaan moodboosting dengan lagu-lagu jenis ini, pernah suatu hari saat saya sedang tidak mood untuk mengerjakan apa-apa, semangat saya kembali terpercik dengan mengklik lagu Halsey.

Mungkin Halsey--yang notabene banyak digilai oleh para abege dan 'dedek-dedek' menggemaskan--berhasil membuat saya merasa lebih muda ;p

Info lebih lengkap dan up-to-date tentang Halsey bisa kamu temukan di official website-nya: iamhalsey.com. Selain itu, Halsey juga punya akun Instagram yaitu @iamhalsey.


Siapa penyanyi favoritmu saat ini? Share yuk di kolom komentar! :)


- Teteh Ita -

3 comments:

  1. kalo Teh Ani sekarang sedang menjalani fase hip hop dearest Teh Ita : )) Kendrick Lamar, Childish Gambino, Odd Future, ahahah sejenis itulah : ))

    ReplyDelete
  2. Suaranya halsey enak banget didenger.. 😆 kirain suaranya itu pakai efek2 gitu.. eh pas nonton yg live di YouTube ternyata suara asli agak serak serak manis *eh 🤣 ky suara anak2 gitu..

    ReplyDelete