Ikea Hacks - DIY Down Pillow

kamar idaman di urbanoufitters.com

Ingin hitz namun gak punya modal besar. 
Sepertinya itulah salah satu masalah utama yang dirasakan kita sebagai generasi muda jaman sekarang (ehem, walaupun saya gak masuk kategori muda – muda banget sih) yang mudah sekali bertukar informasi dengan sekitar. Saya termasuk orang yang sangat tertarik dengan dekorasi ruangan, baik rumah ataupun lainnya. Rasanya gemas kalau lihat barang – barang lucu dan unik yang menurut saya jika dikombinasikan atau bahasa gaulnya mix & match, bisa menjadi sangat menarik.


Karena ketertarikan saya itu, saya sering sekali mencari informasi dengan browsing design – design terbaru di Pinterest, salah satunya seperti gambar kamar diatas. Karena bentuknya yang super lucu namun seringkali diikuti dengan kenyataan pahit yaitu harganya yang selangit, tentunya saya teringat akan kondisi dompet yang pas – pasan untuk makan dan hura – hura (ya ya, prioritas hidup saya memang kacau haha). Saya lalu terpikir mengenai DIY atau Do It Yourself  yang banyak dilakukan oleh teman – teman kita di belahan dunia sana. Masuk akal sih, kenapa mereka banyak melakukan DIY, ya salah satu alasannya karena biaya jasa atau manual labour diluar sana seringkali lebih besar kalau dibandingkan dengan biaya di Indonesia. Beruntunglah saya karena biaya atau ongkos penjahit disini jauh lebih murah dibandingkan disana, kebayang kan berapa biaya jahit seragam pengantin yang harus saya keluarkan setiap dapat kiriman bahan seragam?

DIY bantal, kiri ukuran asli sedangkan yg garis - garis hasil akhirnya.

Beberapa saat yang lalu, saya ke IKEA Indonesia yang berada di daerah Alam Sutra. Kebetulan saya melihat isi bantal dengan ukuran 50 x 50cm dari bulu bebek seharga Rp70.000 dengan isi sebanyak 750gram. Harga ini jauuuhh lebih murah dibandingkan dengan harga – harga bantal tidur dengan isi serupa di department store atau bahkan di IKEA sendiri. Setelah diperhatikan lebih lanjut ternyata isi bantal atau cushionnya juga hanya beda sedikit dengan bantal tidur, perbedaanya hanya berbeda sekitar 150 gram. Setelah hitung – hitungan cantik, saya terpikir ide untuk membeli 3 bantal kecil yang nantinya mau saya jadikan 2 bantal tidur akibat teringat racun DIY yang sering saya lihat dan semoga dengan mempercantik tempat tidur saya, saya bisa lebih mengurangi bepergian yang lumayan menguras dompet.

Setelah memboyong ketiga bantal tersebut di dalam kantong belanja sendiri, saya pulang kerumah dengan hati gembira dengan maksud mau membuat project DIY ini. Fast forward seminggu kemudian, si bantal tetap teronggok di pojokan kamar akibat kesibukan saya yang cukup padat seperti makan, tidur, dan nonton drama Korea.

bantal ikea dalam packaging aslinya yang mirip guling bayi

Akhirnya setelah membulatkan tekat, saya mulai merobek bungkus bantal – bantal tersebut dan berpikir “there’s no turning back!” serta mulai mengukur bantal dan menandai bagian yang harus dipotong. Lalu atas pertimbangan kemanusiaan yang kayanya kasian banget jika si bapak / ibu penjahit ruang kerjanya berhamburan bulu – bulu isi bantal nanti mereka so sweet layaknya pillow fight di film – film, saya akhirnya memutuskan untuk mengevakuasi isi ketiga bantal ke kantong plastic besar dulu (saya menggunakan plastic bekas laundry).

bulu bulu isi bantal

Ternyataaaaa bulu itu ringan banget yaaa (menurut ngana?!) bulu – bulu itu bertebaran saat saya ingin memindahkan isinya dan saya jadi berasa romantis ada salju – salju yang turun. Agar gak berantakan, saya buka jahitan bantalnya sedikit dan memasukan seluruh bantal ke dalam plastic laundry sambil ngorek – ngorek isi bantalnya (sayangnya saya lupa foto bagian ini karena saya buru – buru dan agak takut kalau bantal dibiarkan terbuka kelamaan makin banyak bulu yang beterbangan). Setelah sekian banyaknya peluh yang mengalir, akhirnya isi ketiga bantal itu saya pisah menjadi 2 bagian yang sama banyak bulunya. Oiya, jangan lupa lakukan evakuasinya di ruangan yang well ventilated tapi tidak banyak angin ya. Karena bulu – bulu ini gampang sekali terbang, gamau kan ada bulu – bulu yang nempel di sofa atau kasur misalnya. Selain itu jangan lupa pakai masker waktu memindahkannya karena jangan sampai ada serpihan bulu yang langsung terhisap kedalam saluran pernafasan. Alasannya apa, ya kayanya jangan ada aja sih lagian keren gitu kesannya kaya lagi operasi penting.

sarung bantal setelah isinya dikuras

Selanjutnya ketiga kain – kain bungkus bantal yang kini kosong saya oper ke bapak / ibu penjahit untuk disambung menjadi 2 buah bantal (ukuran bantal jadi 50 x 75cm). Ada selisih 5cm sih dengan bantal tidur IKEA yang biasanya berukuran 50 x 80cm tp yaudahlah yaaaaa ga usah napsu – napsu banget namanya jg DIY atau lebih tepatnya DIYBIP (Do It Yourself Dibantu Bapak Ibu Penjahit). Daaann hanya dalam beberapa saat, si bungkus bantal jadi dan siap diisi ulang dengan bulu – bulu yang ada. Oiya, saya juga minta tolong agar ada sisi yang gak dijahit karena saya ingin kembali mengisi bantal tersebut.

hasil tetes keringat bapak ibu penjahit

Setelah perjuangan mengisi kembali bantal – bantal kesayangan, saya lalu menjahit kembali celah tempat memasukan bulunya. Saya sih hanya jahit jelujur sementara (saya gak bisa jahit) karena kebetulan penjahit saya dekat rumah (ehm, saya gak bisa jahit), dan saya ingin bantal tersebut dijahit kembali secara rapih dengan menggunakan mesin (ehm, iya saya gak bisa jahit).

hasil akhirnyaaaa! (jgn complaint fotonya sama. saya lupa foto satuannya)

Makaaa jadilah sudah bantal bulu DIY yang total harganya hanya Rp225.000 untuk dua buah bantal! Memang sih ada sambungan di bantal jadi tidak selicin bantal kalau beli jadi, namun jika sudah dipasang sarung bantal sambungan tersebut tidak berasa sama sekali kok. Tapiii, lebih dari itu semua sepertinya saya paham kenapa banyak sekali yang keranjingan DIY diluar sana. Karena setelah berhasil membuat barangnya, walaupun tidak sesempurna barang asli dan dibantu bapak / ibu penjahit, namun terdapat kepuasan tersendiri karena bisa membuat barang dengan biaya lebih murah dan ada cerita di balik tiap barang yang kita buat. Kebayang kan kalau ada tamu yang datang, kita bisa pamer, “bok bantal yang ini gue bikin sendiri loooohhhhh!”.

Hmm.. sepertinya saya jatuh cinta dengan DIY ala – ala ini. -Teh Ebi

1 comment:

  1. Teh, beda rasanya gimana antara bantal isi bulu bebek sama isi busa biasa?

    ReplyDelete